Kami mengajak seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember untuk segera
mempelajari Kurikulum Baru yang berbasis Outcome Based Education (OBE) dan
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kurikulum ini dirancang khusus untuk
mempersiapkan kalian menghadapi tantangan di dunia profesional dan memastikan
kalian memiliki kompetensi yang dibutuhkan di era modern ini. Unduh segera
dokumen kurikulum lengkapnya melalui tautan di bawah ini dan manfaatkan
sebaik-baiknya untuk merencanakan studi kalian!
SMT |
Mata Kuliah |
SKS |
I |
Al-Islam I (Keimanan dan Kemanusiaan) |
2 |
I |
Pancasila |
2 |
I |
Sejarah dan Filsafat Matematika |
2 |
I |
Bahasa Indonesia |
2 |
I |
Logika dan Himpunan |
3 |
I |
Kalkulus Diferensial |
3 |
I |
Teori Bilangan |
2 |
I |
Statistika Dasar |
2 |
I |
Bahasa Inggris untuk Matematika |
2 |
Total |
20 |
Semester II
SMT |
Mata Kuliah |
SKS |
II |
Al-Islam II (Ibadah, Akhlak, dan Muamalah) |
2 |
II |
Pendidikan Kewarganegaraan dan Deradikalisme |
2 |
II |
Belajar dan Pembelajaran |
2 |
II |
Perkembangan Peserta Didik |
2 |
II |
Kalkulus Integral |
3 |
II |
Geometri Dasar |
3 |
II |
Trigonometri |
2 |
II |
Aljabar Matriks |
2 |
II |
Teknologi Informasi dan Komputer |
2 |
Total |
20 |
Semester III
SMT |
Mata Kuliah |
SKS |
III |
Al-Islam III (Kemuhammadiyahan) |
2 |
III |
Profil Pendidik |
2 |
III |
Kalkulus Lanjut |
3 |
III |
Geometri Analitik |
3 |
III |
Aljabar Linier |
3 |
III |
Matematika Diskrit |
2 |
III |
Kajian Kurikulum Sekolah |
2 |
III |
Telaah Matematika SMP |
2 |
III |
Strategi Pembelajaran Matematika |
2 |
Total |
20 |
Semester IV
SMT |
Mata Kuliah |
SKS |
IV |
Al-Islam IV (Islam dan Ilmu Pengetahuan) |
2 |
IV |
Kewirausahaan |
2 |
IV |
Pendidikan Anti Korupsi dan Anti NAPZA |
2 |
IV |
Program Linier |
2 |
IV |
Teori Grup |
2 |
IV |
Analisis Riil |
3 |
IV |
Multimedia Pembelajaran |
3 |
IV |
Telaah Matematika SMA |
2 |
IV |
Perencanaan Pembelajaran Matematika |
2 |
Total |
20 |
Semester V
SMT |
Mata Kuliah |
SKS |
V |
Persamaan Diferensial Biasa |
3 |
V |
Statistika Penelitian |
3 |
V |
Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif |
2 |
V |
Pengembangan Bahan Ajar |
2 |
V |
Evaluasi Hasil Belajar Matematika |
3 |
V |
Metodologi Penelitian |
3 |
V |
Microteaching |
2 |
V |
Matematika Keuangan |
3 |
|
|
|
Total |
21 |
Semester VI
SMT |
Mata Kuliah |
SKS |
VI |
Penguatan Landasan Kependidikan |
2 |
VI |
Pengalaman Administrasi Pembelajaran |
2 |
VI |
Pengembangan Perangkat Pembelajaran |
2 |
VI |
Kuliah Kerja Terbimbing |
2 |
VI |
Inovasi Pembelajaran |
2 |
VI |
Bimbingan dan konseling |
2 |
VI |
Manajemen Pendidikan |
2 |
VI |
Model Pembelajaran Inovatif |
3 |
VI |
KKN |
3 |
Total |
20 |
Semester VII
SMT |
Mata Kuliah |
SKS |
VII |
Geometri Transformasi |
2 |
VII |
Teori Ring |
2 |
VII |
Analisis Vektor |
2 |
VII |
Analisis Variabel Kompleks |
2 |
VII |
Metode Numerik |
3 |
VII |
Statistika Matematika |
3 |
VII |
Proposal Penelitian |
2 |
|
Penelitian Kuantitaif |
2 |
|
Penelitian Kualitatif |
2 |
Total |
20 |
Matakuliah Pilihan
SMT |
Mata Kuliah |
SKS |
|
Penelitian Tindakan Kelas |
2 |
|
Pendidikan Matematika Realistik |
2 |
|
Matematika Sekolah Dasar |
2 |
|
Teori Graf |
2 |
|
Penelitian Pengembangan |
2 |
|
Persamaan Diferensial Parsial |
2 |
|
Aplikasi Komputer Lanjut |
2 |
|
Kajian Pembelajaran Matematika Terkini |
2 |
|
|
|
Total |
18 |
Semester VIII
SMT |
Mata Kuliah |
SKS |
VIII |
Skripsi |
4 |
Total |
4 |