Kompetensi | Isu Strategis | Topik Pengabdian | Konsep Pemikiran | Pemecahan Masalah | Kelompok Pengabdian |
---|---|---|---|---|---|
Pendidikan Matematika | Isu Sustainable Development Goals (Global Goals 2030): 1. Kemiskinan dan kelaparan 2. Kesehatan dan kesejahteraan 3. Pendidikan berkualitas 4. Kesetaraan gender 5. Penurunan ketidaksetaraan 6. Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab 7. Perubahan iklim 8. Konservasi di kehidupan di bawah air, kemaritiman 9. Pelestarian kehidupan di darat 10. Perdamaian, keadilan, dan institusi yang kuat |
Mengintegrasikan kreativitas, pengetahuan, teknologi, dan sumber daya dari seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan luaran SDGs membutuhkan pendekatan yang berbasis pendidikan Matematika yang inovatif dan relevan dengan tantangan global. | Pendidikan Matematika dapat menjadi instrumen untuk membangun pemahaman yang mendalam tentang SDGs di kalangan mahasiswa dan masyarakat. Ini mencakup penggunaan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran Matematika yang berkelanjutan dan mempromosikan nilai-nilai keislaman dalam konteks pembangunan berkelanjutan. | Mengembangkan strategi pembelajaran Matematika yang tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep Matematika, tetapi juga mengajarkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan solusi berbasis data untuk menangani tantangan global seperti kemiskinan, perubahan iklim, dan ketidaksetaraan. | • Inovasi dalam Kurikulum Matematika • Pengajaran Matematika untuk Pembangunan Berkelanjutan • Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan Berbasis IPTEK |
Pendidikan Matematika | Bagaimana menghasilkan tenaga pendidik yang unggul dalam bidang pendidikan Matematika berbasis IPTEK. | • Program pengenalan dan pelatihan penggunaan teknologi terbaru dalam pembelajaran Matematika. • Inovasi pembelajaran berbasis TIK • Pembelajaran berbasis big data • Artificial Intelligence dalam pembelajaran |
Mengembangkan tenaga pendidik yang unggul dalam bidang pendidikan Matematika berbasis IPTEK memerlukan pendekatan yang sistematis dan berkelanjutan. Ini mencakup pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman, pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, serta penguatan keterampilan pedagogis dan teknologis dosen | Menggunakan kecerdasan buatan untuk menciptakan pembelajaran yang adaptif dan personalisasi, yang dapat menyesuaikan materi dan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa. | • Menyusun kurikulum yang mengintegrasikan penggunaan teknologi dalam pengajaran Matematika, seperti aplikasi pemodelan Matematika, perangkat lunak statistik, dan alat bantu belajar digital. • Mengadakan pelatihan dan workshop secara berkala bagi dosen untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi dalam pengajaran Matematika. Fokus pada alat-alat seperti GeoGebra, Matlab, dan platform e-learning lainnya. • Membangun kemitraan dengan perusahaan teknologi dan lembaga pendidikan lain untuk mendapatkan akses ke sumber daya dan teknologi terkini yang dapat digunakan dalam pembelajaran. |
Pendidikan Matematika | Mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran dan kehidupan kampus. | Penerapan Nilai-Nilai Keislaman dalam Pendidikan dan Aktivitas Kampus. | Integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran dan kehidupan kampus mencakup penerapan prinsip-prinsip moral dan etika Islam dalam semua aspek pendidikan dan kegiatan kampus. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang harmonis dan berakhlak mulia, yang mendukung perkembangan karakter dan spiritual mahasiswa. | • Mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam setiap mata kuliah dan kegiatan pembelajaran. • Menyelenggarakan pelatihan dan pembinaan rutin untuk dosen dan staf mengenai cara mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam pengajaran dan interaksi sehari-hari dengan mahasiswa. |
• Pengabdian Kehidupan Kampus Islami • Pengabdian Pendidikan Matematika Berbasis Keislaman |
Subscribe to:
Posts (Atom)